20 Tips Membeli Karpet Kantor dan karpet Hotel Beserta Tahap-Tahapnya

Supplier Karpet Kantor Jakarta Barat
June 10, 2018
Jual Karpet Axminster Murah berkualitas
August 6, 2018

Karpet menjadi salah satu pilihan penutup lantai yang sering digunakan di berbagai tempat, terutama kantor. Hal ini dikarenakan karpet kantor dianggap sebagai alas yang cenderung terjangkau dan selalu tersedia. Karpet kantor kemudian akan melapisi lantai dari kantor sehingga lantai lebih terlindungi. Bukan hanya terlindungi dari kotoran, karpet kantor juga mencegah keretakan serta membuat tampilan alas menjadi lebih menawan.

Namun, terdapat pemilik maupun penyewa kantor yang masih merasa ragu untuk mengeluarkan biaya penggunaan karpet kantor. Padahal, membeli karpet kantor tidaklah selalu menjadi hal yang mewah. Ada beberapa cara untuk menekan biaya, namun tetap memastikan bahwa Anda mendapatkan karpet kantor yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut terdapat beberapa tips untuk membeli karpet kantor secara efektif. Tips-tips ini terbagi atas 5 tahap, yakni:

Daftar Isi

Tahap Perencanaan Anggaran


Pada tahap perencanaan, Anda harus mendapatkan perkiraan biaya awal proyek pemasangan karpet kantor. Anda dapat mulai merencanakan berapa biaya dan anggaran yang Anda butuhkan. Langkah ini perlu dilakukan pertama kali karena Anda perlu mengetahui seberapa besar kebutuhan finansial Anda. Jika tidak melakukan perencanaan, tentuu akan sulit menentukan jenis karpet kantor apa yang Anda butuhkan, kapan Anda harus membelinya, serta hal-hal lainnya.

1. Menentukan berapa biaya yang Anda butuhkan

Langkah pertama untuk membeli karpet kantor adalah memperkirakan berapa banyak lantai kantor yang akan dikenakan biaya. Ini akan membantu Anda menjawab beberapa pertanyaan awal dalam proses perencanaan karpet kantor. Anda bisa mendapatkan referensi harga karpet kantor beserta instalasinya dengan melakukan survei-survei ke toko karpet kantor terpercaya.

2. Menentukan apakah biaya tersebut memadai atau tidak

Setelah mengumpulkan sumber-sumber valid mengenai harga karpet kantor, Anda perlu mentukan apakah Anda dapat memenuhi anggaran tersebut atau tidak. Jika ya, tentu Anda dapat melakukan pembelian dan instalasi karpet kantor dengan mudah. Namun jika tidak, Anda harus melakukan usaha-usaha lainnya agar bisa menggunakan karpet kantor.

3. Mengalokasikan dana untuk anggaran karpet kantor

 

Jika sudah mengetahui perkiraan biaya untuk menggunakan karpet kantor, tentu Anda juga perlu mengalokasikan dana untuk membelinya. Dana pembelian karpet kantor bisa diperoleh dari berbagai sumber. Mulai dari pendanaan pribadi, anggaran kantor, serta iuran.

Tahap Perencanaan Kebutuhan Karpet

Hal kedua yang perlu Anda lakukan ialah merencanakan karpet kantor dan pad yang sempurna untuk dipasang di kantor Anda. Mengetahui kebutuhan karpet seperti halnya mengetahui kebutuhan Anda ketika hendak memasak di rumah. Kami karpetkantor.id dapat membantu Anda merekomendasikan karpet kantor apa yang akan sangat cocok untuk kantor Anda. Mulai dari spesifikasi hingga gaya ke padding.

Selain kami, peran Anda sebagai pemilik kantor juga sangat penting untuk mengetahui kebutuhan karpet yang Anda cari. Anda juga tentu lebih memahami isi kantor dibandingkan penjual. Oleh karena itu, penting untuk selalu melakukan koordinasi dengan penjual karpet kantor. Berikut ini terdapat beberapa tips yang perlu Anda lakukan ketika hendak merencanakan kebutuhan karpet kantor Anda secara detail.

4. Menentukan tampilan karpet kantor yang Anda butuhkan dan inginkan

Pernahkah Anda mendengar karpet kantor Berber? Terdapat berbagai jenis karpet kantor yang bisa Anda pilih. Untuk tahap ini, Anda perlu melakukan survei dengan detail dan mencocokannya dengan kondisi di kantor Anda. Tampilan karpet kantor tentu akan menjadi faktor utama dalam tampilannya di kantor Anda.

5. Menentukan bahan material karpet kantor

Selain tampilan karpet kantor, faktor yang juga tidak kalah penting dalam menentukan jenis karpet yang Anda butuhkan ialah menentukan bahan material karena bahan material adalah indikator kinerja terbesar. Jika Anda memilih bahan material yang baik, tentu Anda bisa mendapatkan karpet kantor yang berkualitas, tahan lama, serta tidak membutuhkan banyak perawatan. Sebab, beberapa material karpet kantor juga bisa tahan noda, anti jamur, serta memiliki keunggulan-keunggulan lainnya. Terdapat 5 bahan karpet kantor paling umum, yakni:

  • nilon,
  • olegin,
  • poliester PET,
  • smartstrand, serta
  • wol

6. Memilih spesifikasi sempurna yang memengaruhi daya tahan karpet kantor Anda

Banyak pembeli karpet kantor masuk ke toko dan berharap mereka mendapatkan karpet kantor yang tahan lama hanya dengan melihat harganya serta garansi. Benar, umumnya kebanyakan dari Anda membayar lebih untuk karpet kantor berkualitas lebih baik. Namun, masih ada beberapa kekurangan dalam filosofi pembelian karpet kantor “membabi buta memilih berdasarkan harga dan garansi”.

Akan tetapi, sebenarnya harga karpet kantor ditentukan oleh banyak faktor selain yang memengaruhi daya tahan. Jadi, sangat penting untuk mencari tahu spesifikasi apa yang sebenarnya penting dalam kinerja karpet kantor. Hal ini tidaklah sulit seperti yang Anda bayangkan.

7. Merencanakan padding sempurna

Bagi alas karpet kantor, padding seperti halnya struktur jembatan. Ini mungkin bukan yang sesuatu yangAnda kendarai, tetapi Anda akan sering berpijak di sana. Konsultasikan padding terbaik dengan orang-orang yang ahli agar tahap ini bisa dilakukan dengan efektif.

8. Mempertimbangkan adanya situasi khusus

Seperti halnya rumah, kantor terkadang juga memiliki situasi khusus. Misalnya saja seperti adanya kebutuhan untuk kaum difabel. Pastikan Anda tidak memilih karpet kantor secara asal-asalan yang bisa merugikan orang-orang di kantor Anda.

9. Tahap Perencanaan Untuk membeli karpet

Anda sudah membuat perkiraan kebutuhan anggaran. Selain itu, Anda juga sudah menentukan bagian-bagian mana saja di dalam kantor Anda yang membutuhkan karpet. Kini, saatnya Anda untuk memnentukan kapan dan di mana Anda akan mencari karpet kantor yang Anda butuhkan. Sekarang, Anda perlu melihat kalender dan mencari kapan waktu yang paling optimal untuk membeli karpet. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan ke mana Anda akan pergi membeli karpet kantor.

Sebelum menentukan tempat pembelian karpet kantor, ada baiknya Anda mendata supplier karpet kantor yang Anda temukan. Setelah itu, carilah review konsumen. Dari sana. Anda akan mampu melihat nilai pro dan kontra dari masing-masing toko karpet kantor. Hal ini akan mempermudah Anda menentukan toko mana yang layak Anda datangi. Berikut ini beberapa tips agar tahap perencanaan pembelian karpet bisa Anda lakukan dengan sempurna.

10. Mencari tempat-tempat yang menjual karpet kantor

Anda bisa mencari karpet kantor di berbagai tempat. Diantaranya ialah  Toko lokal, pengecer kotak besar, toko online, serta pameran-pameran. Pastikan Anda mencari-cari penjual yang memberikan penawaran yang lebih baik, serta memberikan opsi karpet kantor yang lebih banyak. Pastikan juga untuk mencari penjual yang telah pengalaman dan memiliki performa yang lebih baik secara keseluruhan.

11. Mencari tahu kualitas dan mutu penjual karpet kantor

Anda sangat tidak disarankan untuk membeli karpet kantor dari sembarang penjual. Sebaliknya, jangan bosan untuk mencari tahu seperti apa kualitas dan mutu penjual karpet kantor. Mereka yang memiliki kualitas baik tentu akan lebih terpercaya dibanding mereka yang hanya menjual karpet kantor dengan harga yang sangat murah.

12. Meminta rekomendasi dari orang-orang terdekat

Jika merasa ragu atau kesulitan mencari tahu kualitas karpet kantor, Anda juga bisa meminta bantuan kepada keluarga dan teman-teman dekat. Mintalah rekomendasi toko karpet kantor dari mereka yang merupakan orang-orang terdekat Anda. Jadi, Anda lebih merasa yakin, bukan?

13. Mempertimbangkan pro dan kontra dari tiap-tiap toko karpet kantor

Tentunya, setiap penjual karpet kantor akan selalu memiliki sisi positif dan sisi negatif. Namun, Anda tidak perlu berkecil hati. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menentukan dan mempertimbangkan setiap pro dan kontra dari setiap toko karpet kantor. Mulai dari harga, kualitas, serta kelengkapan dan jenis layanan yang tersedia. Usahakan untuk memilih toko karpet kantor yang sisi negatifnya paling tidak merugikan Anda.

14. Menentukan waktu untuk membeli karpet kantor

Setelah merasa yakin dengan segala pertimbangan, kini tiba saatnya untuk menentukan kapan Anda akan membeli karpet kantor. Carilah waktu yang senggang agar Anda tidak terburu-buru menentukan jenis karpet yang Anda pilih. Jika tergesa-gesa, Anda bisa saja mendapatkan material karpet yang tidak Anda butuhkan.

Tahap Pembelian Karpet Kantor

Anda sudah melakukan 3 tahap pra pembelian karpet kantor, yakni persiapan anggaran, penentuan kebutuhan karpet di kantor, serta perencanaan untuk mengunjungi toko karpet kantor. Kini, saatnya Anda mengeksekusi rencana-rencana yang sudah Anda siapkan. Tahap ini berfokus pada apa yang Anda harapkan di toko, dan beberapa tips untuk mendapatkan karpet kantor dengan kualitas terbaik serta tips menghemat anggaran karpet kantor. Ikuti tips-tips di bawah ini agar Anda tidak kebingungan ketika hendak membeli karpet kantor.

15. Mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan saat ke toko karpet kantor

Sekarang Anda siap masuk ke toko. Anda melangkah masuk dan akan disambut penjaga toko serta ditanya apa yang hendak Anda cari di sana. Begitu pula halnya jika Anda membeli online, Anda tentu akan mendapatkan sambutan di halaman awal website. Seorang penjual yang peduli tentang Anda dan bukan hanya uang Anda akan mengajukan pertanyaan yang sampai ke akar dari apa yang Anda butuhkan di lantai baru. Jadi sebelum pergi ke toko karpet, Anda perlu mengetahui hal-hal berikut ini.

  • Bagian kantor yang Anda inginkan untuk dipasangi karpet.
  • Tujuan membeli karpet kantor.
  • Seberapa sering intensitas penggunaan karpet kantor
  • Mengetahui hal-hal yang diinginkan setibanya di toko karpet kantor

Melalui hal-hal di atas, tentu Anda akan lebih mudah melakukan transaksi di toko karpet kantor. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah untuk menyeleksi karpet kantor yang Anda cari.

16. Mempertimbangkan beberapa tahap sebelum menutup kesepakatan

Karpet kantor bukanlah baju yang bisa langsung Anda gunakan setelah membayarnya. Justru, dibutuhkan hal-hal tambahan yang harus dilakukan sebelum karpet kantor benar-benar terpasang. Jadi sebelum dibayar, ada baiknya Anda juga mengurus beberapa hal seperti padding serta penyewaan jasa instalasi karpet kantor. Bukan hanya itu saja, Anda juga harus membeli garansi, penghapusan karpet kantor, serta layanan lainnya yang akan Anda butuhkan saat hendak memasang dan memiliki karpet kantor.

17. Menutup kesepakatan

Seringkali harga yang dikenakan penjual ke Anda belumlah pasti. Jadi, jangan ragu untuk tetap menegosiasikan harga karpet kantor sesuai dengan anggaran Anda. Selain itu, Anda juga bisa menanyakan perihal perawatan karpet kantor untuk masa mendatang. Biasanya, penjual karpet kantor juga menyediakan jasa ini.

 

Tahap Perencanaan Instalasi Karpet Kantor

Setelah melakukan pembelian karper kantor, tentu karpet tersebut harus dipasang. Sayangnya, karpet kantor tidak bisa terpasang dengan mudah seperti halnya menggelar tikar saat berkemah. Anda membutuhkan tenaga ahli dari toko karpet kantor. Namun mula-mula, lantai yang akan dipasangi karpet kantor juga harus sudah dalam keadaan bersih. Pada tahap ini, beberapa tips yang perlu Anda lakukan ialah:

18. Meminta bantuan untuk instalasi kantor

Tergantung di mana Anda membeli karpet kantor, kebanyakan toko karpet kantor juga dapat memasang karpet kantor untuk Anda. Tentu saja, Anda juga bisa memasangnya sendiri jika sudah berpengalaman. Selain mencari dari toko karpet kantor yang Anda beli, Anda juga bisa mencari sendiri jasa instalasi karpet kantor.

Anda mungkin ingin mencari bantuan sendiri meskipun toko karpet kantor tersebut menyewa pemasang Anda karena memberikan kiat untuk memastikan pemasang karpet kantor yang bagus.

19. Mempersiapkan hari untuk instalasi karpet kantor

Sebelum menginstalasi, Anda tentu sudah meneliti, merencanakan, dan membeli karpet kantor yang Anda butuhkan. Proses tersebut mungkin akan membuat Anda merasa lelah. Namun, sebaiknya Anda perlu sabar sebentar dan melanjutkan ke proses persiapan instalasi karpet kantor.

Jika tidak disiapkan dengan baik, instalasi kantor dapat merusak ekspetasi Anda untuk memiliki karpet kantor. Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan adalah proses instalasi karpet berjalan dengan lancar:

  • Melakukan konfirmasi mengenai hal apa yang dikatakan pengecer tentang siapa petugas yang melakukan pemasangan.
  • Meninjau kembali tempat Anda membeli karpet kantor, apakah tempat tersebut termasuk tanda-tanda Anda menyewa pemasang yang jelek.
  • Memastikan petugas instalasi telah resmi diperkerjakan dan diasuransikan untuk kerusakan apapun.
  • Memastikan karpet kantor di kantor Anda adalah yang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Terkadang, karpet kantor yang diterima justru tidak sesuai harapan karena penjual melakukan kecerobohan.
  • Telah membersihkan dan merapikan barang-barang di kantor. Jangan sampai ada barang berharga yang tergeletak saat proses instalasi. Anda tentu tidak ingin bersiteru dengan penjual karpet kantor karena adanya barang berharga yang hilang.
  • Mengawasi tahap instalasi karpet kantor

Memang, Anda tidak bisa melakukan pemasangan karpet kantor sendiri. Namun, hal tersebut bukan berarti Anda bisa sepenuhnya mengandalkan petugas yang akan menginstalasi karpet di kantor Anda. Justru, sebagai pemilik atau penyewa kantor, Anda harus mengawasi proses instalasi karpet kantor tersebut. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat untuk memastikan seluruh proses instalasi berjalan dengan benar.

20. Sebisa mungkin memberikan bantuan terhadap petugas

Selain mengawasi dan melihat sendiri proses instalasi karpet kantor, Anda sebagai konsumen sebaiknya juga turut membantu petugas. Anda tidak perlu melakukan hal-hal yang besar seperti ikut mengelem karpet kantor. Justru, mereka biasanya akan membutuhkan hal-hal kecil dari Anda. Mulai dari menunjukkan bagian-bagian kantor yang perlu dipasang, meminjamkan alat-alat yang mungkin saja tertinggal, serta memberikan minuman atau snack dikala mereka sedang istirahat.

Tahap Pasca Pembelian Karpet Kantor

Pada tahap ini, Anda sudah bisa memiliki karpet kantor baru yang keren. Dan yang paling penting, Anda tahu bahwa Anda telah melakukan seluruh tips dan tahapan pembelian karpet kantor dengan baik. Namun, jangan malas untuk melakukan perawatan secara berkala agar karpet kantor tetap berfungsi optimal dan tidak menjadi sarang penyakit. Selamat membeli karpet kantor terbaik untuk Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *